Natrium

Posted: September 28, 2010 in Uncategorized
Tags:

Natrium, atau yang lebih kita kenal dengan nama sodium adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang simbolnya Na itu loh,dan nomor atomnya 11. Taukah kamu? Natrium itu termasuk dalam logam reaktif yang lunak dan seperti lilin. Selain itu, natrium juga termasuk logam alkali yang banyak terdapat dalam senyawa alam (terutama halite). Ia sangat reaktif, apinya berwarna kuning, beroksidasi dalam udara, dan bereaksi kuat dengan air, jadi natrium harus disimpan dalam minyak. Selain itu juga, karena sangat reaktif, natrium hampir tidak pernah ditemukan dalam bentuk unsur murni.

Na bereaksi eksplosif dengan air, menghasilkan gas hidrogen, persamaan reaksinya yaitu :

2Na (s) + 2H2O → 2NaOH (aq) + H2O (g)

Natrium mengapung di air, apabila kita menguraikannya, maka ia akan berubah  menjadi gas hidrogen dan ion hidroksida. Jika kita gerus, maka akan menjadi bubuk, natrium juga akan meledak dalam air secara spontan. Tapi, biasanya natrium tidak meledak di udara bersuhu dibawah 388 K. Apabila natrium berikatan dengan ion OH, maka akan membentuk basa kuat yang sering kita temukan, yaitu NaOH. Selain itu, tahukah kamu ? garam dapur yang sering kita gunakan itu pun bahan utamanya adalah NaCl, ikatan dari natrium dan klor.😀

Berikut ini adalah video tentang natrium yang bereaksi dengan air. Natrium menimbulkan ledakan ketika bereaksi dengan air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s